Minggu, 17 Juni 2018

HARGA KALSIUM OKSIDA “KAPUR TOHOR” DI JAKARTA : FUNGSI & APLIKASI

Untuk pencarian harga kapur tohor di Jakarta, informasi pabrik kapur tohor, produsen kapur tohor, supplier kapur tohor, penjual kapur tohor, cara pembuatan kapur tohor, beli kapur tohor dan jika anda membutuhkan kapur Tohor Silahkan Hubungi 

Asep : 081281774186

             085793333234

Hasil galian kapur dari Bandung barat dan Sukabumi Selatan.


 ansarikimia
KALSIUM OKSIDA(CaO), secara umum dikenal sebagai kapur mentah atau kapur bakar, adalah senyawa kimia yang digunakan secara luas. Kalsium oksida merupakan kristal basa, kaustik, zat padat putih pada suhu kamar. Istilahyang luas digunakan “kapur” berkonotasi bahan anorganik yang mengandung kalsium, yang meliputi karbonat, oksida dan hidroksida kalsium, silikon, magnesium, aluminium, dan besi mendominasi, seperti batu gamping. Sebaliknya, “kapurmentah” khusus berlaku untuk senyawa kimia tunggal.

Kapur mentah harganya relatif murah.  Keduanya dan turunan kimia (kalsium hidroksida, yang mana kapur mentah anhidrida basa) adalah zat kimia komoditas penting.

Nama IUPAC kapur tohor ialah Kalsium oksida, nama lainnya Kapur mentah, kapur bakar, kapur tohor. Adapun sifat-sifatnya adalah:

Rumus molekul: CaOBerat molekul: 56,0774 gr/molPenampilan: Serbuk putih sampai kuning pucat/coklatBau: Tidak berbauDensitas: 3,34 gr/cm3Titik lebur: 2613 °C, 2886 K, 4735 °FTitik didih: 2850 °C, 3123 K (100 hPa)Kelarutan dalam air: 1,19 g/L (25 °C); 0,57 g/L (100 °C); reaksi eksotermKelarutan dalam asam: Larut (juga dalam gliserol, larutan gula)Kelarutan dalam methanol: Tidak larut (juga dalam dietil eter, n-oktanol)Keasaman (pKa): 12,8Entropi molar standar So298: 40 J·mol−1·K−1Entalpi pembentukan standar ΔfHo298: −635 kJ·mol−1Titik nyala: Tidak terbakar

 

PEMBUATAN KAPUR TOHOR






















Kalsium oksida biasanya dibuat melalui dekomposisi termal bahan-bahan seperti batu gamping (limestone), atau cangkang kerang (atau cangkang molluska lainnya), yang mengandung kalsium karbonat (CaCO3; mineral kalsit) sebagai kapur bakar (lime kiln). Hal ini dilakukan dengan memanaskan material ini di atas 825 °C (1.517 °F), sebuah proses yang disebut kalsinasi atau pembakaran-kapur, untuk membebaskan molekul karbon dioksida (CO2); meninggalkan kapurmentah. Kapur ini tidak stabil dan, ketika didinginkan, secara spontan akan bereaksi dengan CO2 dari udara sampai, setelah cukup waktu, itu akan benar-benar diubah kembali menjadi kalsium karbonat kecuali dipuaskan dengan air untuk ditetapkan sebagai kapur plester.

Produksi tahunan kapur mentah di seluruh dunia sekitar 283 juta metrik ton. Cina sejauh ini adalah produsen terbesar di dunia, dengan total sekitar 170 juta ton per tahun. Amerika Serikat adalah yang terbesar berikutnya, dengan sekitar 20 juta ton per tahun.

KEGUNAAN KAPUR TOHOR

Panas

Kapur mentah menghasilkan energi panas dengan pembentukan hidrat, kalsium hidroksida, dengan persamaan sebagai berikut:

CaO (s) + H2O (l) = Ca(OH)2 (aq) (ΔHr = −63.7 kJ/mol CaO)

Seperti hidrat, sebuah hasil reaksi eksotermis dan zat padat membengkak. Hidrat dapat diubah menjadi kapurmentah dengan menghilangkan air dengan memanaskannyasampai kemerahan untuk membalikkan reaksi hidrasi. Satu liter air yang bergabung dengan sekitar 3,1 kilogram (6,8 lb) dari kapur untuk memberikan kalsium hidroksida ditambah 3,54 MJ energi. Proses ini dapat digunakan untuk menyediakan sumber panas portabel nyaman, seperti untuk pemanasan makanan dengan segera dalamtempat pemanasan sendiri.

Cahaya

Bila kapur mentah dipanaskan sampai 2400 °C (4.350 °F), kapur ini memancarkan cahaya yang intens. Bentuk pencahayaan ini dikenal sebagaicahaya kapur (limelight), dan digunakan secara luas dalam produksi teater sebelum penemuan penerangan listrik.

Kapur Tohor Untuk Semen dan Basa

Kalsium oksida merupakan bahan kunci untuk proses pembuatan semen. Kalsium oksida juga digunakan sebagai basa dalam produksi biodiesel.

Kapur Tohor Untuk Industri Minyak Bumi

Pasta pendeteksi air mengandung campuran kalsium oksida dan fenolftalein. Pasta iniharus hadir untuk mengadakan kontak dengan air dalam tangki penyimpanan bahan bakar. CaO bereaksi dengan air untuk membentuk kalsium hidroksida. Kalsium hidroksida memiliki pH yang cukup tinggi untuk mengubah fenolftalein menjadi berwarnamerah muda – keunguanyang jelas, sehingga menunjukkan keberadaan air tersebut.

Kapur Tohor Untuk Industri Kertas

Kalsium oksida digunakan untuk menghasilkan natrium hidroksida dari natrium karbonat dalam perolehan kembali zat kimia di pabrik pulm Kraft.

Kapur Tohor Untuk Plaster

Terdapat bukti arkeologi bahwa manusia Neolitik B PrePottery (batang tembikar)menggunakan plester berbasis kapur untuk lantai dan penggunaan lainnya. Lantaiabu-kapur tersebut tetap digunakan sampai akhir abad kesembilan belas.

Kapur Tohor Untuk Produksi Zat Kimia atau Daya

Semprotan padatan atau bubur kalsium oksida dapat digunakan untuk menghilangkan sulfur dioksida dari knalpot aliran dalam satu proses yang disebut desulfurisasi gas buang.

Kapur Tohor Untuk Budidaya Udang

Dalam budidaya udang tiger atau udang kelong, kapur tohor popular digunakan sebagai zat basa untuk mengantisipasi penurunan pH air kolam akibat hujan. Biasanya kapur tohor ditaburkan di lereng tepi kolam udang di musim hujan.


3 komentar:

  1. Brapa per saknya bos yg untuk penjernih air ?

    BalasHapus
  2. Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa...

    Kami menjual aneka Kapur :
    - Kapur Aktif / Cao / Kalsium Oksida.
    - Kapur Padam / CaOH2 / Kalsium Hidroksida.
    - Kapur Tepung / CaCo3 /Kalsium Karbonat / Kapur pertanian /Kaptan .
    - Zeolite .
    - Bentonite .
    - Dolomite dll.

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :

    Bpk Asep 081281774186
    085793333234

    Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu membutuhkan.

    BalasHapus