Minggu, 17 Juni 2018

MANFAAT DAN FUNGSI KAPUR  DOLOMIT DAN HARGA JUAL

Dolomit merupakan salah satu cara yang diklaim petani  cukup efektif  untuk penyuburan tanah.Selain efektif digunakan kapur dolomit juga harganya terjangkau.

Kapur dolomit juga aman digunakan tanpa efek samping.


Jenis - Jenis Kapur

Kapur dolomit  adalah kapur yang berasal dari batuan kapur, yang banyak dijumpai di Indonesia . Batuan kapur ini banyak mengandung unsure hara makro : MgO dan CaO, serta unsure hara mikro : SiO2 ; AI2O3 ; Fe2O3, sebagai unsur yang sangat bermanfaat bagi  penyubur tanah dan tanaman.

 Berikut jenis kapur dolomit:

   Kapur Toho

yaitu jenis kapur yang pembuatannya melaui proses pembakaran. Kapur ini sering disebut dengan kapur prtanian. Secara ilmiah kapur ini disebut calsium oksida(CaO)


 Kapur tembok.

Merupakan jenis kapur hasil pembakaran pada kapur tohor, yang kemudian ditambahkan dengan air yang dalam bahasa kimianya disebut calsium hidroksida.


 Kapur karbonat.

Merupakan kapur yang bukan melaui proses pembakaran tetapi digiling langsung, kapur karbonat ini ada dua macam, yaitu kalsit dan dolomit. Untuk kapur kalsit mengandung kalsium oksida 47%, dan kalsium karbonatnya 85%. Sementara untuk dolomit mengandung kalsium oksida dan magnesium oksida 47% serta kalsium karbonat dan magnesium karbonatnya 85%.


 Manfaat Dolomit

1. Sebagai bahan konstruksi bangunan

Dolomit yang memiliki ukuran yang lembut atau hancur dapat digunakan  bahan dasar pembuatan jalan, agregat beton, dan aspal.

2. Sebagai bahan pembuatan semen.

Dolomit juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan semen yang dapat dibedakan menjadi 3, yaitu :

    Semen magnesium oksikloridadi atau biasa disebut dengan semen sorel. Biasanya digunakan untuk lantai gerbong kereta api, lantai dapur, lantai kamar mandi, maupun digunakan dalam industri polister. Semen ini tidak ahan terhadap air, sehingga untuk melindunginya agar tetap awet biasanya dilakukan pemolesan dengan menggunakan terpentin.
    Semen magnesium oksisulfat, yaitu jenis semen yang cepat kering (hanya membutuhkan waktu +/- 10 menit saja). Biasanya digunakan untuk perbaikan retakan-retakan di jalan raya.
    Semen klinker mortar. Pembuatannya adalah dengan cara menambahkan sekitar 40% dolomit ke dalam semen. Hal ini dapat membantu mempercepat hidrasi semen.

3. Menetralisasi asam dalam industri kimia

Reaksi dolomit terhadap zat asam juga membuatnya bermanfaat sebagai penetral zat asam dalam industri kimia, misalnya dalam proyek restorasi sungai maupun sebagai kondisioner tanah.

4. Sumber magnesium dan kalsium pada pakan ternak

Kandungan magnesium dalam dolomite dapat juga dimanfaatkan sebagai salah satu sumber kalsium dan magnesium yang aditif untuk pakan hewan-hewan ternak.

5. Fluks dalam industri pengolahan logam

Dolomit dapat berfungsi sebagai batuan induk bagi banyak mewngandung timbal, seng, dan tembaga. Kandungan senyawa tersebut terbentuk ketika terjadi panas, solusi hidrotermal asam bergerak ke atas dari kedalaman melalui sistem fraktur yang bertemu unit dolomitic batu. Hal ini dapat menyebabkan penurunan pH yang memicu pengendapan logam dari larutan.

6. Reservoir minyak dan gas

Selama konversi kalsit pada dolomit akan terjadi pengurangan volume. Hal ini dapat menghasilkan ruang pori dalam batu yang bisa diisi dengan minyak atau gas alam yang bermigrasi.

7. Bahan dasar pembuatan kaca

Penambahan dolomit pada industri pembuatan kaca bertujuan untuk mempermudah campuran kaca saat proses peleburan, mencegah detrisifikasi, serta memperpanjang umur kaca.

8. Bahan dasar pembuatan keramik

Penambahan dolomit dala industri pembuatan keramik bertujuan untuk menurunkan suhu pemuaian panas massa setelah proses pembakaran yang nantinya keramik tidak mudah lepas ataupun retak saat dipasang.

9. Sebagai pupuk

Manfaat dolomit yang cukup terkenal untuk tanaman adalah sebagai pupuk. Dolomit merupakan jenis batu kapur yang juga dapat memberikan manfaat bagi tanaman dan tanah. Manfaat tersebut diantaranya :

    Memberikan nutrisi yang berharga bagi tanaman
    Membantu mengubah pH tanah sesuai dengan kebutuhan tanaman.
    Menetralkan zat-zat berbahaya yang dapat meracuni tanah dan tanaman, seperti aluminium, zat besi, dan tembaga
    Meningkatkan efektifitas dan efisiensi tanah terhadap penyerapan zat-zat hara di dalamnya.
    Menjaga ketersediaan unsur hara dalam tanah

    Memperbaiki struktur tanah, menjadikannya lebih gembur, melancarkan sirkulasi udara dalam tanah, yang menjadikan tanaman tumbuh subur nantinya.
    Mengaktifkan berbagai jenis enzim dalam tanaman
    Merangsang pembentukan zat lemak, karbohidrat, dan berbagai nutrisi lainnya dalam tanaman
    Membantu distribusi fosfor dalam tanaman
    Membantu pembentukan klorofil yang sempurna pada tanaman.

Kekurangan kalsium dan magnesium akan mengakibatkan :

    Ph dalam tanah tak terkontrol, sehingga tanah dapat bereaksi masam. Hal ini menyebabkan tak terserapnya unsur hara dalam tanah seperti fosfor dan kalium oleh tanaman secara optimal.
    Menurunnya produktifitas tanaman, sehingga pendapatanpun menurun
    Meningkatnya tingkat racun dalam tanah. Hal ini disebabkan oleh kenaikan unsur aluminium, tembaga, zat besi, seng, dan mangaan dalam tanah
    Rendahnya daya tahan tanaman terhadap serangan hama maupun jenis penyakit tanaman lainnya.

10. Untuk dempul rekahan kayu

Selain batu gamping, dolomit juga dapat digunakan sebagai dempul untuk penyemenan rekahan-rekahan kayu. Hal ini bisa juga dilakukan bersama-sama dengan batu gamping.

11. Dalam industri farmasi.

Dolomit murni (MgCO3) yang telah mengalami proses pengolahan bisa ditambahkan pada obat dengan konsentrasi sekitar 45% sebagai eksipien atau pengencer.

12. Dalam industri kertas

Dalam industri ini, dolomit digunakan sebagai bahan pemutih, pulp, pelapis, serta pengkilap pada kertas.

Cara Penggunaan Kapur Dolomit yang Benar 

Perlu diketahui agar penggunaan kapur dolomit bisa dimaksimalkan ada metode yang dapat dilakukan untuk mengaplikasikan dolomit ini ke lahan pertanian. Di antaranya yaitu :

 Metode 1 : Penyebaran ke Lahan secara Merata

Untuk memperbaiki kondisi tanah, kapur dolomit bisa disebarkan dengan cara menaburkannya ke area lahan. Kapur ini harus benar-benar disebarkan ke seluruh bagian lahan secara merata. Proses ini biasanya dikerjakan pada saat tahap pengolahan lahan dan sebelum proses penanaman bibi tumbuhan. Lahan yang sudah diberi kapur ini selanjutnya didiamkan selama 2-3 minggu agar kondisinya normal kembali.

Taburkan kapur dolomit secara merata setelah pengolahan tanah pada tahap pertama. Yap, kapur ini harus dicampurkan ke tanah melalui mekanisme pengolahan tanah tahap kedua. Waktu pemberian kapur sebaiknya dilakukan paling cepat 2 minggu sebelum waktu penanaman bibit dimulai yaitu pada awal musim penghujan sehingga reaksinya dapat berjalan dengan baik. Dalam sekali pemberian kapur dolomit cukup untuk jangka waktu selama 5 tahun mendatang. Jadi sebaiknya gunakanlah 2-3 kali takaran yang dibutuhkan. Sehingga pada pemberian kapur berikutnya yakni tahun ke-6, takaran kapur yang dipakai adalah 0,25 dari takaran semula.

Metode 2 : Penaburan Pada Lubang Tanam
Kapur dolomit juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk dasar pada proses pembudidayaan tanaman perkebunan. Caranya adalah pupuk ini ditaburkan dengan dosis secukupnya ke dalam lubang tanam. Setelah itu, tutupi lapisan kapur tersebut menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang. Biarkan lubang tanam dalam waktu 2-3 minggu sebelum boleh digunakan. Berikutnya Anda bisa menanamkan bibit ke dalam lubang tersebut.

Metode 3 : Pencampuran dengan Pupuk ZA

Kapur dolomit pun dapat disebarkan bersama dengan pupuk ZA dengan mencampurkannya terlebih dahulu. Campuran ini selanjutnya berguna untuk menyediakan unsur hara bagi tanaman berupa Magnesium dan Sulfat nitrogen tanpa menurunkan kadar keasaman tanah. Adapun metode penerapannya yaitu campuran kapur dolomit dan pupuk ZA ini disebarkan secara merata dalam larikan yang sejajar di dalam barisan tanaman, di sekeliling tanaman, atau dimasukkan ke dalam lubang khusus yang dibuat di sisi kanan dan kiri tanaman.



Untuk tanaman kelapa sawit dosis pupuk dolomit adalah 3-5 kg/ pokok atau setara dengan 408 -680 kg/ha.

Area penjualan kapur dolomit kami meliputi:

Bekasi, Bogor, Bandung, Tangerang, Depok, Subang, Karawang, Cikampek, Banten, Pandeglang, Cilegon, Sukabumi, Cianjur, Semarang, Surabaya, Jogjakarta, Dan seluruh kota di pulau Jawa, Bali dan Sumatera.
Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi :

Asep : 081281774186

             085793333234

Silahkan simpan nomor dan hubungi jika diperlukan. Terimakasih

JUAL :

1. PUPUK DOLOMITE
2. CALCIUM CARBONATE CaCo3 POWDER
3. QUICK LIME/KAPUR TOHOR CaO POWDER
DAN BINGKAHAN
4. HYDRATED LIME Ca(OH)2

2 komentar:

  1. Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa....
    Kami menjual Batu kapur/ Kapur Aktif / Cao / CaOH2 / Kalsium Oxide / kalsium hidroxie /Limestone/ Quick Lime / Batu gamping / Kapur bakar / Kapur tohor/ Kapur sirih/Cao/ Kalsium Hidroksida/ Kalsium Karbonat / CaCo3 / Kapur pertanian / Kaptan / Kapur padam /Zeolite / Bentonite / Dolomite dll.
    Tersedia mesh 80 s/d Mesh 800 dengan kemasan / packing karung / 25 kg , 50 kg , 500 kg , 1000 kg .

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :
    Asep 081281774186
    085793333234

    Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu
    Siap kirim ke seluruh kota di indonesia

    BalasHapus
  2. Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa...

    Kami menjual aneka Kapur :
    - Kapur Aktif / Cao / Kalsium Oksida.
    - Kapur Padam / CaOH2 / Kalsium Hidroksida.
    - Kapur Tepung / CaCo3 /Kalsium Karbonat / Kapur pertanian /Kaptan .
    - Zeolite .
    - Bentonite .
    - Dolomite dll.

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :

    Bpk Asep 081281774186
    085793333234

    Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu membutuhkan.

    BalasHapus